Jumat, 20 Oktober 2017

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru

Referensi contoh surat lamaran kerja terbaru untuk berbagai posisi dan jenjang pendidikan dapat di simak pada laman ini. Kami menyajikan berbagai macam contoh surat lamaran kerja untuk lulusan SMA, SMK, Madrasah Aliyah, D1, D2,D3, S1, hingga S2. Anda dapat menjadikannya sebagai rujukan, tentunya sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Surat lamaran kerja adalah salah satu jenis surat formal atau resmi. Karena sifatnya yang formal, maka tentu saja terdapat sejumlah poin yang perlu diperhatikan dan dicermati dalam penyusunan atau penulisannya. Anda tentunya tidak ingin menciptakan kesan negatif dibagian kepala personalia perusahaan yang Anda tuju dengan melayangkan surat permohonan kerja yang tidak ditulis secara profesional.

Meskipun bersifat formal alias resmi, namun pada dasarnya surat lamaran kerja penulisannya relatif mudah. Meskipun Anda seorang fresh graduate, saya rasa Anda tidak akan menemukan kesulitan berarti. Intinya, buatlah surat lamaran kerja yang deskriptif dan benar-benar menggambarkan kondisi Anda saat hendak melayangkan surat lamaran tersebut.

Dalam proses penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar, supaya Anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang nantinya hanya akan merugikan Anda sendiri, berikut ini kami berikan beberapa tips berguna dalam membuat surat lamaran kerja. Berikut ini kami uraikan beberapa poin yang perlu diperhatikan dengan sebaik-baiknya.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja


1. Hindari menulis ulang yang sudah dijelaskan di CV
Surat lamaran pekerjaan seharusnya memang menjelaskan apa pencapaian kalian dan beberapa hal yang ada di CV. Namun usahakan jangan membuatnya sama dengan CV yang kalian tulis sebagai lampiran. Coba rangkum pencapaian dan data kalian dengan singkat dan menggunakan kata-kata yang menarik.

2. Perhatikan dengan baik paragraf pertama dan terakhir
Perhatikan paragraf pertama dan terakhir pada surat lamaran kerja. Pastikan paragraf awal kalian tidak berbelit-belit dan langsung ke pokok bahasan. Paragraf awal harus jelas dan bersifat menjual. Sementara di paragraf terakhir kalian harus terlihat tegas dan meminta mereka menghubungi jika berkenan. Jangan buat paragraf terakhir yang mengambang, terlihat tak peduli atau terlalu berharap dengan cara yang buruk.

3. Sampaikan tentang segala sesuatu mengenai perusahaan
Sebelum menulis surat lamaran pekerjaan, lakukan dulu beberapa penelitian terkait perusahaan. Pihak perusahaan akan senang jika kalian mengetahui banyak hal tentang mereka. Namun jangan berbusa-busa ketika membicarakannya. Tetap jelas dan tunjukkan bagaimana perusahaan tersebut membuat kalian terkesan dan di bidang apa kalian bisa berguna untuk mereka.

4. Hindari menyebut semua kemampuan diri Anda
Semua kemampuan dan keterampilan yang kalian miliki tentunya sudah ada di CV yang kalian lampirkan. Untuk itu jangan repot-repot menyebutkan semuanya di surat lamaran pekerjaan. Sebutkan tiga atau maksimal lima saja kemampuan serta pengalaman yang kalian anggap terbaik dan sesuai dengan pekerjaan yang kalian lamar.

5. Tunjukkan kepribadian Anda
Pastikan surat lamaran kerja yang kalian tulis bisa mencerminkan betapa antusiasnya kalian untuk mendapat pekerjaan tersebut. Jangan gunakan kalimat negatif dan gunakan kalimat kerja aktif yang dinamis.

6. Tandatangani dan beri materai surat lamaran kerja Anda
Kecuali kalian menggunakan lembar lamaran kerja khusus dari perusahaan atau secara online, pastikan kalian menandatangani surat lamaran kerja yang kalian kirimkan. Ini mungkin terdengar kuno, namun ini menunjukkan keaslian diri kalian melalui tanda tangan.

7. Periksa ulang isi surat sebelum dikirimkan
Meski isinya sangat menarik, namun jika surat lamaran kerja kalian jelek, kotor, penuh dengan typo dan salah ketik, maka nilai lamaran kalian akan berkurang. Untuk itu, sebelum mengirimnya, cek ulang. Minta teman atau keluarga untuk membacanya dan mencari tahu kesalahannya sebelum dikirim.

Itulah beberapa hal yang harus diberi perhatian dalam kaitan membuat surat lamaran kerja yang bagus dengan harapan nantinya akan mendapat tanggapan yang positif dari bagian Human Resource Department perusahaan yang Anda tuju. Lalu, seperti apa format surat lamaran kerja yang baik dan benar itu? Silakan simak kumpulan contoh surat lamaran kerja terbaru dibawah ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja


Dibawah ini kami rangkumkan beberapa contoh surat lamaran kerja yang dapat disesuaikan dengan kondisi Anda saat ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan


Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Tidak dipungkiri, sebagian orang memang masih memilih untuk menulis surat lamaran kerja secara manual, alias tulis tangan. Ya, hal ini sah-sah saja dan tidak menyalahi aturan apapun. Pada intinya yang dibutuhkan adalah materi dari surat itu sendiri. Sementara untuk penulisannya, bisa mengunakan print out komputer atau ditulis secara manual. Dan bagi Anda yang memilih opsi penulisan surat lamaran dengan cara tulis tangan, gambar diatas adalah salah satu contoh surat lamaran tulis tangan.

Contoh Surat Lamaran Berdasarkan Info Lowongan


Malang, 24 April 2017

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Amearta Indah Otsuka  Pasuruan yang termuat di koran pekanan Jawa Pos Group pada tanggal 23 April 2017. Saya mengajukan surat lamaran untuk bergabung menjadi Tim Quality Control di PT. Amaerta Indah Otsuka Pasuruan.

Saya yang memiliki data singkat berikut ini;

Nama : Tyas Toto
Tempat, tgl. lahir : Malang, 21 Maret 1991
Pendidikan Akhir : Universitas Brawijaya Malang
Alamat : Jln. Ijen Malang, no. 32, Kec. Lowokwaru, Kota Malang
Status Perkawinan : Single
Telepon/HP/WA : 082350020800
e-mail : tyastoto@ymail.com

Saat ini sedang dalam kondisi kesehatan yang baik dan prima, dapat berbahasa Inggris dan Arab dengan fasih, baik secara tulisan maupun lisan. Saya lulus dari Universitas Brawijaya dengan predikat cumlaude setelah beberapa kali menang dalam lomba karya tulis ilmiah di bidang sains. Selain itu, saya juga mahir menggunakan microsoft, corel draw dan wordpress (website). Soal kemampuan bekerja sama dengan tim sudah saya asah sejak kuliah, yaitu dalam memimpin tim karya tulis ilmiah untuk meraih banyak kemenangan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup .
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3. Foto copy sertifikat-sertifikat penghargaan.
4. Foto copy sertifikat-sertifikat organisasi.
5. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
6. Pas foto terbaru.

Besar harapan saya Bapak/Ibu bisa memberi kesempatan kepada saya untuk mengikuti wawancara, sehingga dapat memperoleh data yang lebih jelas tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

ttd & materai

Tyas Toto
Pemohon

Demikian contoh surat lamaran kerja untuk lulusan S1 dengan sifat pekerjaan sesuai dengan info lowongan kerja yang dibaca.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum


Bandung, 23 Agustus 2017

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Human Resources Development Manager
PT. Jabil Circuit Indonesia
Jalan Soekarno Hatta No.35
Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Jobfair yang di adakan di piset square pada tanggal 22 Agustus 2017 bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan kerja. Melalui surat lamaran ini saya mengajukan diri untuk melamar kerja di instansi yang Bapak/Ibu pimpin sebagai inspektor Non Destructive Test (NDT). Berikut ini adalah data singkat saya:

Nama : Ferdi Hekmatyar
Tempat/Tanggal Lahir : Cimahi, 26 Desember 1996
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pendidikan : D3-Teknik Aeronautika
Alamat : Jl. Sinar Jaya, RT 02/RW 15 Kec. Batujajar, Kab.  Bandung Barat
Telepon : 081615014648

Saya memiliki keahlian NDT Level II untuk metode magnetic particle testing dan penetrant testing. Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan di waktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

  • Curriculum Vitae (1 lembar).
  • Foto copy Transkrip Nilai (1 lembar).
  • Surat keterangan pelatihan Non Destructive Test Level II (1 lembar).

Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,



(Ferdi Hekmatyar)

Harap diingat bahwa surat lamaran kerja yang mencantumkan daftar riwayat hidup, dan dibawah ini adalah contoh daftar riwayat hidup yang benar.

Contoh Daftar Riwayat Hidup


DAFTAR RIWAYAT HIDUP
(Curriculum Vitae)

Biodata Pribadi

Nama : M. I. Andi Purnomo, S.S
Tempat/ Tgl. Lahir : Kediri, 13 Nopember 1985
Agama : Islam
Domisili : Jl. Begendang I No. 44 RT. 02 RW.05 Kec. Mojoroto, Kediri 64113
Status : Menikah
Tinggi : 171 cm
Nomer Hp : 081234028280
Alamat Email : andi@gmail.com

Keahlian

Komputer (Instalasi Software)
Internet (Internet Marketing)
Design Graphic (Corel Draw, Photoshop)

Pendidikan Formal

S1 Sastra Inggris Universitas Jember (2008 – 2012). IPK. 3.00
D3 Bahasa Inggris Universitas Brawijaya Malang (2005 – 2008). IPK. 3.32
SMA Negeri 5 Kediri. IPA (2001 – 2004)
SMP Negeri 6 Kediri (1998 – 2001)

Pendidikan Non-Formal (Kursus)

Kursus Komputer (Microsoft Certified) – 2008
Basic English Course (BEC Pare Kediri) – 2004
Agnes English Course Kediri – 2004

Pengalaman Kerja


  • Marketing Manager di Bukit Daun Hotel & Resort Kediri
  • International Exchange Liaison & Assistant Coordinator for Administration & Services di Office of International Affairs, Universitas Surabaya
  • Marketing Manager di PT. Indo Warna Mulia
  • Supervisor di PT. Indostationery Ritel Utama Jember / PT. Sahabat Utama Traco Group (Tenant of PT. Gramedia Asri Media)
  • Instruktur Bahasa Inggris di Ganesha Institute Kediri
  • Instruktur Desain Grafis di LKP TEXAS Jember
  • Instruktur Bahasa Inggris di LKP TEXAS Jember
  • Guru Pengajar Multimedia dan Bahasa Inggris di SMK AL-MU’IEN (Al-Mu’ien Islamic Boarding School Jember / Pesantren Al-Mu’ien Jember)
  • Guru Bahasa Inggris di SMP AL-MU’IEN (Al-Mu’ien Islamic Boarding School Jember / Pesantren Al-Mu’ien Jember)
  • Guru Bahasa Inggris di SMPN 3 Jember (International Class)
  • Magang kerja di bagian Administrasi di RRI Malang


Sertifikat


  1. Surat Pengalaman Kerja di Office of International Affairs, Universitas Surabaya
  2. Sertifikat Organizing Committee of Ubaya – Kyung Hee University Summer Program 2014 (South Korea)
  3. Sertifikat Organizing Committee of Ubaya – Mahidol University Summer Program 2014 (Thailand)
  4. Sertifikat Organizing Committee of Ubaya Summer Program 2013
  5. Surat Pengalaman Kerja di PT. Indostationery Ritel Utama Jember (PT. Gramedia Asri Media Jember)
  6. Surat Pengalaman Magang di RRI Malang
  7. Computer Course (Microsoft Certified)
  8. National Seminar and Workshop (Translation in the globalized World) Politeknik Negeri Malang
  9. Spiritual Training of Entrepreneurship Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Brawijaya University
  10. Student Day Committee of Brawijaya University



Hormat Saya,       .

M. I. Andi Purnomo, S.S 

Demikianlah contoh CV yang baik dan benar. Mari dilanjut untuk referensi contoh surat lamaran kerja yang lainnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris


Bandung, February 15, 2017

Attention:

Dear Sir/Madam,

I am writting to apply as Editing Operator (E01) in your company. My name is Ardiansyah, I am twenty four years old four months. As a geological engineering graduate from Polytechnic of Geology and Mining “AGP” Bandung, I am looking forward to applying my skills in a practical setting. I have enjoyed the fieldwork component of my degree immensely, and I am keen to work in diverse and remote locations.

Having been involved in several exploration projects in the field, I have developed a comprehensive understanding of geological mapping, and the collection of field data, coupled with the ability to interpret and write detailed reports.

My skills include a good working knowledge of programs such as: MapInfo/Discover, Surfer, Global Mapper, Dips, Log Plot and Ms. Office suite.

I can work well as a member of a team, but I am also confident in assuming responsibility for tasks autonomously.

For your consideration, herewith I enclose my:


  • Curriculum Vitae.
  • Copy of Diploma (D3), and Academic Transcript.
  • Copy of ID, and Police Clearance Certificate.
  • Copy of Internship Certificate, Certificate of Employment, and Letter of Assignment.
  • Recent Photograph.


I would welcome the opportunity to discuss this application with you further, and look forward to hearing from you. .

Sincerely yours,          .



Ardiansyah       

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan SMA Sederajat


Kepada Yth ;

HRD PT. Karya Cipta Manunggal
Jl. Mekar Selirang
Kota Palembang



Dengan hormat,

Berdasarkan iklan yang termuat di koran harian Radar Palembang, tentang dibukanya kesempatan berkarier di Instansi yang Bapak /Ibu kelola, maka perkenankan Saya untuk mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Staff Ahli Penjagaan Mutu Produk.

Adapun data mengenai diri Saya sebagai berikut :

Nama : Mohammad Rifa’i
Tempat, tanggal lahir : Semarang, 25 juli 1990
Alamat sekarang : Jl. Kanguru VI No 39, Gayamsari, Semarang
Jenis kelamin : Laki – laki
Agama : Islam
Status pernikahan : Belum menikah
No. HP/Whatsap : 0856 4567 3456
Email : rifaimuhamssmad@gmail.com

Saya merupakan pribadi yang jujur dan ulet. Terbukti saya mampu menjadi lulusan terbaik di SMA 2 Negeri Palembang tahun 2010. Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak /Ibu bersama surat lamaran ini Saya lampirkan :


  • Daftar riwayat hidup (CV)
  • foto copy ijazah
  • foto copy sertifikat Organisasi
  • foto copy sertifikat lomba karya tulis ilmiah
  • foto copy KTP
  • pas foto terbaru


Saya berharap Bapak /Ibu berkenan memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini saya ajukan, atas perhatian Bapak /Ibu saya ucapkan banyak terima kasih


Palembang, 14 Mei 2017
Hormat Saya,


Mohammad Rifa’i

Contoh Surat Lamaran Untuk Lulusan SMK


Malang, 22 Agustus 2017      .

Kepada Yth.
Kepala SMK Negeri 1 Malang
Jl. Ahmad Yani No. 379

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari surat kabar Kompas pada tanggal 17 Agustus 2017, SMK Negeri 1 Malang membuka beberapa lowongan pekerjaan. Dengan surat lamaran kerja ini saya bermaksud melamar kerja sebagai Guru Tehnik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Malang

Berikut ini adalah biodata singkat saya

Nama                           : Arrakhman Rizqi Ibrahim
Tempat / tgl. Lahir      : Malang, 29 Februari 1993
Jenis Kelamin              : Laki-laki
Pendidikan Terakhir    : SMK
Alamat                                    : Desa Dinoyo, Kel Merjosari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang
Telepon (HP)/WA       : 082323411243
Email                           : rizkiibrahim@gmail.com

Saat ini saya dalam keadaan prima, sehat jasmani maupun rohani. Saya telah berkelut di dunia Jaringan Komputer sejak tahun 2010 di salah satu kantor cabang Telkom di Malang. Selain itu saya menguasai bahasa Inggris dengan lancar, baik tulisan maupun lisan, baik bahasa keseharian maupun bahasa pemrograman komputer. Saya juga mengutamakan kejujuran sarta kerja keras.

Untuk melengkapi beberapa bahan pertimbangan Bapak Kepala Sekolah di waktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:


  • Foto Ukuran 3×4
  • Foto copy KTP
  • Daftar Riwayat Hidup.
  • Foto copy Ijazah Terakhir.
  • Foto copy SKCK
  • Foto copy Surat Pengalaman Kerja


Saya sangat berharap menjadi salah satu peserta yang mendapat kesempatan wawancara, agar saya dapat menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya.

Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sungguh-sungguh, atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,             .

Arrakhman Rizqi 

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank


Kepada YTH.
HRD BANK MANDIRI
Tasikmalaya
Jl. HZ.Mustofa 151 Tasikmalaya
Up. Bag. SDM


Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi lowongan kerja di Bank Mandiri Tasikmalaya untuk bagian Frontliner, maka dengan ini saya :


Nama Lengkap : Budi Raharjo
Tempat/Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 01 Mei 1990
Alamat: ________
No Telp/Email :_______
Status : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir : D3- Management Akuntansi STIA Tasikmalaya
IPK Terakhir : 3.31


Mengajukan diri untuk melamar posisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :


1. Curriculum Vitae.
2. Foto copy ijazah D3- dan transkip nilai.
3. Foto copy Kartu tanda penduduk yang masih berlaku.
4. Pas photo berwarna terbaru.


Demikian surat lamaran yang saya buat, besar harapan saya untuk bisa bergabung di perusahaan yang bapak/ ibu pimpin, saya akan melakukan yang terbaik untuk PT Bank Mandiri. Atas perhatian dan kebijaksanaan saya ucapkan terima kasih.


Semarang, 01 Maret 2017
Hormat Saya,


Budi Raharjo

Contoh Surat Lamaran di Hotel


Surakarta, 22 Agustus 2015

Kepada:
HRD Hotel Lorin Solo
di tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari iklan lowongan pekerjaan di koran Solopos edisi tanggal 20 Agustus 2015 terkait Lowongan Pekerjaan di Hotel Lorin Solo, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama    : Chintya Anindita
Tempat, Tanggal Lahir : Semarang, 09 Mei 1993
Umur    : 22 tahun
Pendidikan Terakhir : S1 Pariwisata
No. Telepon   : 085725007140
Alamat Rumah  : Jl Karya Pramuka No 24 Karanganyar.

Bersama ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Staf Administrasi. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas penting yang saya miliki, Sebagai berikut:

1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV) – 1 lembar
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) – 1 lembar
3. Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir - 1 lembar
4. Fotokopi Transkrip Nilai yang telah dilegalisr - 1 lembar
5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang telah dilegalisir – 1 lembar
6. Fotokopi Surat Keterangan Dokter yang telah dilegalisir – 1 lembar
7. Pas Photo 4X6 – 1 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, saya sangat berharap dapat diproses untuk mengikuti rangkaian seleksi lebih lanjut. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

ttd & materai

Chintya Anindita, S.Par.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit


Kepada Yth.,
Manager HRD
RSU. Zainoel Abidin
Jl. Tgk. Daud Beureueh No.108, Banda Aceh

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini

Nama                           : Ika Maulina
Tempat dan tanggal lahir : Banda Aceh, 26 Juni 1991
Jenis Kelamin                : Perempuan
Agama                          : Islam
Pendidikan terakhir        : D III Keperawatan
Status                           : Belum Nikah
Alamat                          : Jln. Mawar No. 35, Banda Aceh

Berdasarkan informasi yang saya peroleh melalui Harian Serambi hari Selasa Tanggal 27 September 2016, perihal kesempatan bekerja sebagai tenaga Perawat, maka dengan surat ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja untuk menempati posisi tersebut.

Saya memiliki motivasi untuk bekerja keras, kemauan untuk belajar, menyukai interaksi serta bersosialisasi, bertanggung jawab dan mampu bekerja personal maupun dengan tim. Dan saya akan bekerja dengan sungguh-sungguh baik perseorangan maupun dalam satu tim sehingga dapat meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

1. Curriculum Vitae (CV).
2. Fotokopi Ijazah
3. Fotokopi Transkrip Nilai
4. Fotokopi KTP
5. Fotokopi Kartu Kuning
6. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian
7. Pas foto terbaru
8. Fotokopi Sertifikat kursus/pelatihan.

Besar harapan saya agar Bapak/Ibu berkenan memberikan saya kesempatan untuk wawancara agar dapat mendeskripsikan secara lebih rinci keahlian yang saya miliki. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Ika Maulina

Contoh Surat Lamaran Guru


Banjarbaru, 23 Juli 2017


Yth, Kepala Sekolah SDN _________________
di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan tentang penerimaan tenaga pengajar baru, maka untuk itu saya mengajukan lamaran untuk bergabung di lembaga yang Bapak/Ibu pimpin sesuai dengan kriteria yang saya miliki.

Untuk itu saya cantumkan biodata singkat saya sebagai berikut:

Nama : _________________
Tempat/Tanggal lahir : _________________
Jenis Kelamin : _________________
Pendidikan Terakhir : _________________
Alamat : _________________
No. Hp : _________________

Untuk bahan pertimbangan dengan ini saya sertakan beberapa dokumen terlampir:

1. Fotocopy ijasah terakhir 1 lembar
2. Fotocopy Akta IV
3. Fotocopy transkrip nilai 1 lembar
4. Fotocopy KTP 1 lembar
5. Pas photo terbaru berwarna 3×4 3 lembar

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya berharap Bapak/Ibu berkenan untuk memberikan kesempatan wawancara secara langsung kepada saya untuk lebih mengetahui tentang kompetensi saya di bidang yang saya telah tekuni.

Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,



Rina Rukini       

Contoh Surat Lamaran Dosen


Bandung, 1 Februari 2017


Kepada YTH
Rektor Universitas Merbabu
Di Bandung

Perihal: Lamaran Pekerjaan Sebagai Dosen
Lampiran: 7 buah

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya peroleh dari website resmi Universitas Merbabu yang Bapak/Ibu pimpin saat ini membutuhkan tenaga pengajar atau Dosen Proyek Aplikasi Teknik Informatika. Maka dari itu, saya bermaksud mendaftarkan diri. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan data pribadi saya:

Nama : Bayu Purnomo
Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 17 Mei 1985
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Pendidikan : M.Kom dengan IPK 3.70
No Telepon : 17800007656

Sebagai bahan pertimbangan berikut ini saya lampirkan persyratan yang dibutuhkan:


  • Foto Copy KTP
  • Foto Copy Ijasah Terakhir
  • Foto Copy Transkip Nilai
  • SKCK
  • Surat Keterangan Sehat dari dokter
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto 3x4 (3 lembar)


Saya akan sangat bangga apabila dapat menjadi Dosen di Universitas yang Bapak/Ibu pimpin, karena yang saya ketahui Universitas Merbabu adalah salah satu yang terbaik di Indonesia.

Demikian surat lamaran ini, besar harapan saya untuk dapat diterima di Universitas Merbabu. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

materai & tanda tangan

(Bayu Purnomo)                                                                 

Contoh Surat Lamaran CPNS


Kota, Tanggal / Bulan / Tahun

Yth. (Instansi yang dilamar)
Di –
Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Nama pelamar
Tempat/Tanggal Lahir : Kota, tanggal/bulan tahun
Jenis kelamin               : Pria/wanita
Pendidikan                   : Sarjana (Fakultas) Universitas (pelamar)
Jabatan yang dilamar   : Posisi yang dilamar
Alamat Domisili          : Alamat rumah sesuai KTP
                                       Kota, Provinsi


Dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian (Sesuai dengan kementerian/Lembaga yang dialmar) Tahun Anggaran 2017. Sebagai bahan pertimbangan, berikut disampaikan hal-hal sebagai berikut :


  • Surat lamaran bermaterai Rp. 6000,-. ditujukan Kepada (Kementerian/Lembaga yang dilamar) di Jakarta dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (asli)
  • Unggah Kartu Tanda Penduduk (KTP) *
  • Unggah Ijazah Sarjana*(asli)
  • Unggah Transkrip Nilai Ijasah Sarjana*(asli)
  • Unggah Surat Pernyataan dari pelamar bermaterai Rp. 6.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (asli)
  • Unggah Pas photo berlatar belakang warna merah ukuran 3 x 4 (asli)


Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/ kelulusan saya pada seleksi CPNS (Kementeria/Lembaga yang dilamar) Tahun Anggaran 2017. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(Nama Lengkap)

Berikut ini merupakan contoh surat pernyataan yang ditandatangai pelamar dan diberi materai:

SURAT PERNYATAAN 

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                            : Nama Lengkap
Tempat, Tanggal Lahir : Kota, tanggal/bulan/tahun
Nomor KTP/Identitas  : xxxxxx xxxxxx xxxxxx
Pendidikan                   : Sarjana (Fakultas) Universitas Peserta
Jabatan yang dilamar   : Nama jabatan yang akan dilamar
Jenis Kelamin               : Pria/Wanita
Agama                          : Agama pelamar
Alamat                          : Alamat Lengkap Pelamar CPNS,
                                        Kabupaten, Propinsi

dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya :


  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI / POLRI, Pegawai BUMN / BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  • Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir)
  • Tidak bertato / bekas tato dan tindik / bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat (wanita)*.
  • Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya, apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/ kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian (Nama kementerian/Lembaga yang dilamar) Tahun Anggaran 2017. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Kota, tanggal/bulan/tahun sekarang
Yang membuat pernyataan

(Nama Lengkap)

Demikian contoh surat pengajuan CPNS yang dielengkapi dengan Surat Pernyataan dalam proses permohonan menjadi PNS.

Contoh Surat Lamaran Untuk Lulusan SMP


Yogyakarta, 10 September 2015

Kepada Yth:
Bapak / Ibu Bagian Personalia / HRD
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama : ….
Tempat, Tanggal Lahir : ….
Alamat : ….
No. Telp/HP :….
Pendidikan Terakhir : Sekolah Menengah Pertama

Dengan surat ini saya ingin mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Saya memiliki sedikit pengalaman bekerja sebagai Satpam di salah satu perusahaan Kelapa Sawit PT Cahaya Unggul Prima di Kalimantan Barat. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan kompetensi waktu dan tenaga saya dengan sepenuhnya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan surat:

1. Satu Lembar Fotocopy izajah terakhir dan Transkip Nilai.
2. satu Lembar Fotocopy KTP yangMasih Berlaku.

Demikian surat Permohonan kerja ini Saya buat dengan sesungguhnya, besar Harapan saya bisa diberikan kesempatan kerja dan bergabung menjadi Karyawan perusahaan yang bapak/Ibu kembangkan. Atas Perhatian Bapak / ibu Saya ucapkan Banyak terimakasih.


Hormat Saya,


ttd & materai 6ribu

Nama Lengkap Anda

Contoh Surat Lamaran di PT


Surabaya, 17 Januari 2016


Kepada Yth.
HRD PT. BAJA KUAT
Jl. Merpati No. 46 Surabaya

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Paramono Adi
Tempat/tanggal lahir: Jl. Durian No.10 Kota Baru
Alamat tempat tinggal: Jl. Pertamata No. 11 Surabaya
Pendidikan terakhir: S2 Teknik 
No. Telp. 021 xxxxxx

Dengan ini mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada bapak/Ibu pimpinan untuk diterima menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan:

  • Fotocopy Ijazah
  • Fotocopy transkip nilai
  • Fotokopi KTP
  • Daftar riwayat hidup (CV)
  • SKCK
  • Fotocopy SIM A & SIM C
  • Pas foto 4 x 6

Demikian untuk menjadikan periksa adanya, besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan ini. Atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


materai 12ribu & ttd

Paramono Adi

Contoh Surat Lamaran Perawat


Jakarta, 25 Agustus 2015
Hal  : Lamaran Pekerjaan     Yth. Kepala HRD RSU
Lampiran : 10 Lembar      Sehat Sentosa Jakarta
          di Jakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama    : Mega Arifatunnadiyani Safitri, S.ST.
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 28 Mei 1992
Umur    : 23 tahun
Pendidikan Terakhir : S1 - Ilmu Keperawatan
No. Telepon   : 087442991563
Alamat Rumah   : Jl Merdeka No 60 Jakarta Utara

Bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di RSU Sehat Sentosa Jakarta sebagai tenaga keperawatan berdasarkan informasi lowongan pekerjaan sebagai tenaga keperawatan yang saya peroleh dari laman situs www.rsusehatsentosajakarta.com tertanggal 20 Agustus 2015. Adapun sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa dokumen administratif yang saya miliki berikut ini,

1. Curriculum Vitae (CV) – 1 lembar
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) – 1 lembar
3. Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir - 1 lembar
4. Fotokopi Transkrip Nilai yang telah dilegalisr - 1 lembar
5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang telah dilegalisir – 1 lembar
6. Fotokopi Surat Keterangan Dokter yang telah dilegalisir – 1 lembar
7. Pas Photo 4X6 – 1 lembar

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, semoga dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya. Atas perhatian Bapak/Ibu Kepala HRD, saya sampaikan terima kasih

          Hormat kami,



          Mega Arifatun, S.ST.

Contoh Surat Lamaran Bagian Administrasi


Jakarta 19 September 2020

Kepada Yth,
HRD Manager PT. xxxxx
Jl. Centuri Merdeka Raya Suata
di- Tempat

Hal     : Lamaran Kerja
Lamp : 2 (dua) Lampir

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama lengkap                       : Yani Welemaku Wiharja
Jenis kelamin                     :  Perempuan
Tempat/tgl. lahir   : Jakarta 08 Maret 1994
Pendidikan terakhir              :  SMK
Agama                                   : Islam

Dengan ada informasi yang saya peroleh dari kompas,  bahwasanya sedang di butuhkan karyawan baru di perusahaan yang bapak /ibu pimpin untuk bagian admin. Untuk itu saya memberanikan diri untuk mengajukan lamaran pekerjaan untuk menempati posisi tersebut.

Saya merupakan lulusan SMK bagian manajemen pemasaran yang sangat yakin dapat memberikan kinerja terbaik untuk menempati posisi tersebut dan mengerjakan sesuai dengan jobs desc yang perusahaan bapak / ibu pimpin.

Sebagai  pertimbangan Ibu, dan untuk perlengkapan persyaratan administrasi lamaran, berikut saya lampirkan beberapa dokumen foto kopi, berupa :

Foto kopi KTP                       : 2 (dua) lembar
Foto kopi Ijazah terakhir         : 3 (tiga) lembar
Foto kopi SKCK                     : 1 (satu) lembal
Foto kopi Biodata Diri             : 1 (satu) lembar
Pas foto 4×6                          : 4 (empat) buah foto

Besar harapan saya untuk diberikan kesempatan bergabung di perusahaan yang Ibu pimpin untuk bisa memberikan kontribusi saya kepada perusahaan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat berdasarkan kondisi saya yang sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan banyak terimakasih.


Hormat saya,

tanda tandan & materai

Yani


Penutup


Demikian kumpulan contoh surat lamaran kerja terbaru yang diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi berguna bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan. Harap dicatat bahwa macam-macam surat diatas hanya sebuah contoh yang artinya Anda perlu mengubahsuainya sendiri jika memang dirasa perlu. Intinya, jangan menghilangkan poin yang perlu, dan jangan menyertakan hal-hal yang dirasa tidak perlu, contohnya menyebutkan semua kemampuan yang Anda miliki. Cukup sebutkan beberapa diantaranya yang dirasa memiliki nilai jual.